Buah sirsak yang kita kenal mengandung banyak sekali vitamin, namun vitamin yang paling banyak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging sirsak. Kebutuhan vitamin C per orang per hari adalah sekitar 60 mg kebutuhan ini telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi sekitar 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Penelitian yang telah dilakukan terhadap buah sirsak sangat mendukung potensi manfaat sirsak sebagai obat untuk berbagai penyakit. Dalam studi yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology,” ekstrak sirsak menghambat pertumbuhan virus Herpes. Selain itu, Pusat Kanker merangkum temuan yang menunjukkan ekstrak sirsak bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker atau membuat mereka lebih rentan terhadap obat anti-kanker.

Tak hanya daun sirsak saja yang bisa mengobati darah tinggi atau hipertensi. Ternyata, buah sirsak yang rasanya lezat pun memiliki khasiat yang sama untuk mengobati hipertensi. Beberapa penelitian, telah membuktikan khasiat buah sirsak ini yang mampu mengobati penyakit hipertensi. Hal ini dikarenakan, buah sirsak mengandung zat-zat yang mampu menangkal terjadinya hipertensi. Jadi, jika Anda ingin sehat maka konsumsi buah sirsak setiap hari.

Buah Sirsak:
Buah sirsak memiliki kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam sirsak dapat mengontrol berat badan.

Dalam satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terkandung dalam buah tentunya lebih sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang justru berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.

Buah Sirsak mengandung kalium yang dapat membantu otot-otot di dalam tubuh, mengatur tingkat tekanan darah, dan juga untuk perbaikan tulang.

Buah Sirsak memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.

Buah Sirsak juga mengandung banyak air, bahkan dalam secangkir sirsak memiliki kandungan air sebanyak 183 gram. Maka wajar jika buah sirsak dapat mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak terdapat fosfor sebanyak 27 mg dan kalsium sebanyak 14 mg. Mineral-mineral inilah yang bermanfaat untuk pembentukan tulang serta menghambat terjadinya osteoporosis.

Daun Sirsak:
Cara teradisional mengonsumsi daun sirsak adalah dengan merebusnya menggunakan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 sampai 3 kali sehari. Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. Cara kerja ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas, namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.

Rebusan daun sirsak juga dimanfaat untuk mengobati sakit pinggang, juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.

Post a Comment

Powered by Blogger.