Tomat memiliki nama ilmiah Lycopersicum esculentum Mill. Tomat berasal dari Famili Solanaceae. Mengenai sejarah dan penyebaran tanaman tomat, banyak pihak yang masih berkontrofesi tentang asal usul dan bagaimana penyebaranya. Tomat merupakan tanaman perdu dengan tinggi berkisar 1-3 meter, Tomat umumnya berumur pendek (kurang dari satu tahun) dan biasanya akan mati layu setelah dipanen.  Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang. Saking dekatnya di beberapa lokasi di Indonesia telah dikembangkan varian tanaman stek yang berakar kentang dan berbuah tomat.

Tomat sering kali menjadi penghias di beberapa makanan yang anda pesan di restoran atau menjadi lalapan yang luput dari perhatian anda.Tomat memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan meskipun demikian ternyata tidak semua orang menyukai tomat. Ada banyak cara mengonsumsi buah tomat, mulai dari dinikmati sebagai buah biasa, dibuat jus yang menyegarkan atau dibuat menjadi sambal tomat yang nikmat.

Berikut Adalah Beberapa Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Dikutip dari Beberapa Sumber Terpercaya:

Baik untuk mata
Tomat kaya akan vitamin A yang menjadi sumber manfaat bagi mata. Jika Anda mengalami gangguan mata minus/plus, sebaiknya rajin mengonsumsi tomat, karena akan membantu memperbaiki penglihatan. Di samping itu, buah tomat juga dapat menurunkan risiko gangguan mata serius, seperti degenerasi makula.

Menurunkan tekanan darah
Tomat mengandung potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. Bukan hanya itu, tomat juga mengandung lycopene, dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh.

Mengobati peradangan
Tomat yang dimasak mengandung jumlah yang lebih tinggi lycopene, yang membantu dalam mengobati penyakit yang menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Tak hanya itu, tomat juga membantu menyembuhkan kulit akibat terbakar matahari.

Membuat kulit bersinar
Selain baik untuk mata, vitamin A yang terkandung di dalam tomat juga memiliki manfaat baik untuk kulit. Antara lain yakni, membuat kulit lebih kencang, cerah dan halus.

Jika anda sedang menjalankan program diet, libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian anda. Tomat mengandung banyak air dan serat, yang memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet anda dalammenurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi tomat sebagai camilan sehat atau melibatkannya pada menu makanan lain seperti salad, sandwich, sup, dan lain sebagainya.

Post a Comment

Powered by Blogger.