Buah jeruk adalah jenis buah yang telah lama dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Lemon mempunyai banyak unsur bergizi termasuk vitamin C, vitamin B, kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, protein, dan karbohidrat. Buah lemon juga mengandung Flavonoid yang merupakan komposit dengan sifat anti-oksidan dan dapat melawan kanker.

Salah satu keluarga dari buah jeruk adalah lemon. Dulu lemon banyak dikenal sebagai bahan makanan atau bumbu dari suatu masakan. Seringkali kita lihat pada beberapa restoran menyajikan air putih dengan menggunakan irisan lemon di dalamnya. Sebagaimana yang kami kutip ada beberapa manfaat buah lemon yang sangat bagus untuk kesehatan. Seperti dilansir dari indiatimes.com, inilah keutamaan buah lemon untuk kesehatan.

1. Menurun Berat Badan
Minum air lemon hangat yang dicampur dengan madu di saat perut kosong setiap pagi dapat menurunkan berat badan Anda. Hal ini terjadi karena minuman ini mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Menghilang Jerawat dan Komedo
Karena buah ini tinggi akan sifat anti-bakteri di dalamnya, maka lemon dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dam mengobati jerawat.

3. Melawan Flu
MelawanTingginya vitamin C di dalamnya membuat lemon dapat membantu melawan flu dan pilek.

4. Pelembab Kulit
Campuran minyak kelapa dan beberapa tetes air lemon bisa Anda gunakan sebagai bahan pelembap kulit.

5. Memutihkan Gigi
Jika Anda ingin memutihkan gigi, campurlah air lemon dan baking soda lalu oleskan pada gigi. Kandungan bahan alami di dalamnya dapat mencerahkan gigi secara efektif.

6. Menyehatkan Pencernaan
Lemon membantu meningkatkan gerakan peristaltik di perut sehingga dapat menyehatkan pencernaan.

7. Hilangkan Ketombe
Air lemon juga bisa Anda gunakan untuk kulit kepala kering dan ketombe.


Itulah beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan tubuh Anda. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari jeruk lemon. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh juga terdapat efek samping berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi.

Berikut beberapa bahaya lemon jika mengonsumsi berlebihan

1 Mengonsumsi makanan atau minuman asam terlalu sering, seperti air lemon, akan menyebabkan gigi kontak dengan asam. Dalam jangka panjang hal ini akan mengerosi enamel gigi dan membuat gigi lebih sensitif, terutama pada makanan panas atau dingin. Untuk melindungi gigi, konsumsi minuman asam dengan sedotan. Jika Anda sebelumnya sudah mengalami erosi gigi konsultasikan dengan dokter gigi yang bisa merekomendasikan pemberian lapisan gigi.

2 Terlalu sering mengonsumsi air dengan lemon akan membuat Anda yang sudah menderita heartburn (naiknya asam lambung) menjadi lebih parah. Heartburn ditandai dengan rasa panas dan membakar di daerah dada karena asam lambung naik ke kerongkongan.

3 Meski jarang, air lemon bisa menimbulkan efek diuretik. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi atau asam arkorbat. Kandungan tersebut akan meningkatkan produksi urin di ginjal sehingga Anda jadi lebih sering berkemih. Kondisi ini juga bisa menyebabkan dehidrasi karena sodium banyak dikeluarkan.

Post a Comment

Powered by Blogger.