Temulawak  (Curcuma xanthorrhiza) ini memang sering digunakan sebagai obat herbal sangat baik dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Terdapat beberapa kandungan yang baik pada temulawak seperti halnya zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, antioksidan dan masih banyak kandungan lainnya. Dengan banyaknya kandungan tersebut maka banyak orang memanfaatkan temulawak sebagai bahan kesehatan. Temulawak selama ini memang telah dikenal sebagai obat herbal asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu akar atau juga sering disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi obat herbal.


Contoh Beberapa Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan:

Obat Sakit Ginjal, temulawak dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit ginjal. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temulawak ditambah 1 genggam daun kacabeling dan 1 genggam daun kumis kucin. Temu lawak diiris tipis-tipis, direbus bersamaan dengan kedua daun di atas dengan seliter air, kemudian disaring. Diminum selama 3 hari.

Obat Penyakit Limfa, penyakit ini dapat diobati dengan olahan rimpang temulawak. Caranya siapkan 2 rimpang temu lawak; ½ rimpang laos (lengkuas); 1 genggam daun meniran. Parut temu lawak dan lengkuas kemudian semua bahan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Lalu disaring dan diminum. Minumlah sehari satu kali sebanyak satu caangkir.

Obat Penyakit Asma, asma atau sesak nafas dapat diobati dengan rimpang temulawak. Caranya dengan menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Temu lawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Temulawak yang kering direbus dengan 5 gelas air ditambah sepiotong gula aren, hingga menyisakan 3 gelas. Setelah itu disaring dan siap diminum.

Obat Sakit Maag, sakit mag yang merupakan sakit yang telah memasyarakat alias sakit yang banyak diderita orang dapat diobati dengan temulawak. Caranya dengan mengambil 1 rimpang temulawak. T1 rimpang temu lawak diiris-iris, kemudian diangin-anginkan sebentar. Selanjutnya direbus dengan 5 sampai 7 gelas air sampai mendidih. Saringlah kemudian minumlah 1 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Menambah Nafsu Makan, selain berkhasiat sebagai obat, tanaman temu lawak juga berkhasiatmeningkatkan nafsu makan. Caranya dengan menyiapkan 2 rimpang temu lawak, seperempat rimpang lengkuas, dan segenggam daun meniran. Jika semua bahan telah siap, rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga menyisakan 2 gelas, kemudian disaring. Diminum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

Melancarkan Pencernaan Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin dapat Anda atasi dengan menggunakan temulawak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin.

Temulawak atau dalam bahasa latin disebut Curcuma xanthorrhiza ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil dengan menggunakan teknologi budidaya yang sederhana, karena itu sulit menentukan letak sentral penanaman temulawak di Indonesia. Hampir di setiap daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.

Post a Comment

Powered by Blogger.